View Full Version: HADIST2 MEMBAGI UMAT ISLAM MENJADI 3 GOLONGAN

FORUM-DISKUSI > ISLAM > HADIST2 MEMBAGI UMAT ISLAM MENJADI 3 GOLONGAN


Title: HADIST2 MEMBAGI UMAT ISLAM MENJADI 3 GOLONGAN
Description: HANYA GOLONGAN TENGAHLAH YANG TERBAIK.


latifabdul - November 19, 2006 02:40 AM (GMT)
Bismilahirrahmanirrahiim
Kesimpulan dibawah ini saya kutip dari buku saya;
MENYILAMI RAHASIA2 AL QURAN NUR KARIM.

KESIMPULAN;Dalam masarakat islam terdapat beberapa golongan2 dalam memahami Hadits2 sebagai sumber aqidahnya atau syariat Islam.

1. Golongan yang mengikuti semua apa yang dikerjakan oleh Rasul dan menjauhi apa apa yang tidak dikerjakan oleh Rasul.Ini bermula dari ajaran Imam Abdul Wahhab/pengikut2nya yang mengusai negeri Saudi Arabia, yang mengikrarkan umat islam mesti kembali keajaran2 aslinya yang di pratekan oleh Nabi Muhammad saw dan memerangi semua Bid'ah, kembali kepada ajaran Tauhid. Kembali kepada ajaran asli, yaitu kembali kepada zaman 1400 tahun yang lalu dan menajuhi kehidupan material dan kemajuan yang di capai oleh Barat/Amerika.Artinya mengajak umat islam untuk tidak terpengaruh dgn kehidupan modren. Mereka melarang umat islam menggunakan alat2 elektronik,technologi maju, karena itu adalah budaya Barat dan dianggap Bid'ah,karena Rasulullah saw tidak mengerjakannya.Masarakat yang mengikuti sunnah Rasul seperti ini dapat kita lihat di Saudi Arabia,suku Baduwee yang tinggal di kemah2, padangpasir mengembala kambing.Tidak mau menggunakan Mobil.TV.dan Apartment dll,karena semua itu akan menjauhi kehidupan rohani, menjauhi kehidupan Rasulullah saw.

2.Golongan yang mengikuti hadist2 yang menjelaskan ayat2 ALLAH saja,baik ayat2 ALLAH yang turun kepada nabi Ibrahiim,Musa,Isa dan Rasulullah saw. Selain dari pada itu tidak dianggap hadist Syahih,tapi adalah hadist2 peraturan2 setempat atau Budaya Arab.Kami termasuk kepada golongan kedua ini.

3.Golongan anti hadits. Golongan ini benar2 tidak mempercayai ke Syahihan Hadist2.Karena hadits2 itu di kumpulan 150 tahun setelah Rasulullah saw,dari satu generasi ke generasi berikutnya,sampai ke 5 generasi.Mereka membayangkan tidak mungkin lagi perawi2 itu akan bisa mendapat tulisan2 asli yang tertulis di kulit kambing, daun2 atau di batu2.Golongan ini cara shalatnya berbeda dengan umat islam lain2nya.Umat ini banyak terdapat di negeri bekas jajahan2 Uni Soviet.

Semoga dengan contoh yangmudah ini,kita dapat memahami mana hadist sebagai Syariat islam,mana hadist budya Arab dst.

Berhati hatilah, ulama2 Arab yang datang ke Indonesia menginginkan orang islam Indonesia mengikuti budaya2 Arab. It makes a sense bukan?

semoga bermanfaat.
Wassalam.



milaOnRamus - November 19, 2006 04:20 AM (GMT)
:salam:

Lalu golongan yang mengikrarkan umat islam mesti kembali keajaran2 aslinya yang di pratekan oleh Nabi Muhammad saw dan memerangi semua Bid'ah, kalau berpergian menggunakan mobil, di rumah juga menonton TV, ada tinggal di apartemen, memakai internet termasuk golongan yang mana dung mas?

QUOTE
Golongan yang mengikuti hadist2 yang menjelaskan ayat2 ALLAH saja,baik ayat2 ALLAH yang turun kepada nabi Ibrahiim,Musa,Isa dan Rasulullah saw. Selain dari pada itu tidak dianggap hadist Syahih,tapi adalah hadist2 peraturan2 setempat atau Budaya Arab.Kami termasuk kepada golongan kedua ini.
bisakah mas latif memberi contoh hadist yang menjelaskan ayat-ayat Allah dan mana hadist yang hanya merupakan manifestasi kultur arab?
kalau bisa yang lengkap ya? kalau nggak bisa ya sama aja bo'ong...
QUOTE
Berhati hatilah, ulama2 Arab yang datang ke Indonesia menginginkan orang islam Indonesia mengikuti budaya2 Arab. It makes a sense bukan?
wah hebat dung, anda belajar Islam lewat mesin waktu rupanya.... ;)


:ws:

penengah - November 20, 2006 04:44 AM (GMT)
kalo saya perhatikan semua tulisan yg ditulis oleh mas latief berbau rasis deh.... (apa perasaan saya saja ya :P )

boleh tanya ga... kenapa sih benci banget dengan yang berbau arab? (saya orang indonesia asli lho... :oke: )

Nabi yang selama ini kita ikuti.... kita hormati, kita sanjungkan... bahkan kita harapkan syafaatnya... ternyata orang Arab... (bukan berarti beliau diutus hanya tuk orang Arab lho... :angry: )

pease.... eh salah peace....

bro_mantyothe1 - November 20, 2006 06:25 AM (GMT)
Sedikit tambahan untuk Wak Abdul selain yg udah dikemukakan or ditanya oleh nete neter lain :

Latief abdul nulis :
QUOTE
Masarakat yang mengikuti sunnah Rasul seperti ini dapat kita lihat di Saudi Arabia,suku Baduwee yang tinggal di kemah2, padangpasir mengembala kambing.Tidak mau menggunakan Mobil.TV.dan Apartment dll,karena semua itu akan menjauhi kehidupan rohani, menjauhi kehidupan Rasulullah saw.


Sepengetahuan aye wak suku suku yg masih nomad gitu rasanya bukan ngelarang kali pake alat electronic,dll, kali kagak praktis saja , apalagi kudu tinggal diapartemen, unta unta mreka ditaruk dimana, kambing kambingnya ???? ada ada saja wak Abdul ini.

Tidak semua yg maju itu cocok dengan suatu kelompok/komunitas, aye baru baru ini liat suatu film dokumenter yg merekam kehidupan sehari hari suatu suku didaerah mongol yg selalu berpindah pindah dalam tiap 2 minggu karena lokasinya di pegunungan dan bersalju dan alat transport mereka adalah sejenis deer salju, itu yg paling cocok. Bukan mreka kagak mau pake kendaraan tapi kagak cocok dengan medan. Mereka bukan beragama Islam wak, kliatannya mereka masih belum beragama Ibrahim deh. Kagak jauh jauh di negri kita ada suku Anak Dalam mereka kemana mana jalan kaki wak , dan mreka kagak beragama Islam. Jadi persoalannya bukan karena mereka memahamkan agama secara salah, tetapi budaya dan alam membuat mereka demikian.

Jadi jangan digebyah uyah, hantemkromo , disama ratakan ,budaya suatu bangsa dikaitkan dengan pemahaman mreka tentang agama.
Agama Islam itu luwes, agama Islam memudahkan umatnya wak, Allah itu maha mengetahui wak !!!!!!
Blon tentu kita kita ini nyang udah nggunain komputer, punya pemahaman dan ketaatan serta amal ibadah amal shalehnya lebih baik dari sdr kita suku baduwi atau suku apapun didunia ini ,-- hanya karena kita sudah maju saja --, yg paling mengetahui itu adalah Allah pren.

Salam.

uno - November 20, 2006 02:19 PM (GMT)
yap...setuju sama BANGJO...eh..salah...bang Bro..



BANGJO = lampu pengatur lalu lintas yang ada di pertigaan atau perempatan...
(asal kata dari aBANG iJO = lampu merah .red)
Kata ini sangat terkenal dikalangan masyarakat Jogja...

Sedikit pengetahuan buat teman2... :D

bro_mantyothe1 - November 21, 2006 05:28 AM (GMT)
QUOTE (uno @ Nov 20 2006, 09:19 PM)
yap...setuju sama BANGJO...eh..salah...bang Bro..



BANGJO = lampu pengatur lalu lintas yang ada di pertigaan atau perempatan...
(asal kata dari aBANG iJO = lampu merah .red)
Kata ini sangat terkenal dikalangan masyarakat Jogja...

Sedikit pengetahuan buat teman2... :D

:lol: Nyakkkkkk,........... mbak Uno ki isa wae lho, lha nek "gambar sorot" opo hayo terus "te-teg" ,--ora nganggo "k" lho mbak-- ,biasa dipasang dimana ?????

Sorry Wak Abdul, mas Dino, or cak Marno,.......aye ngladenin mbak Uno bakul gudek Ngasem iki lho , dasaranne (jualannya) cedak Plengkung !!!!!!!

Ma'af OOT :) :) :)

Dino - November 21, 2006 08:04 AM (GMT)
QUOTE (uno @ Nov 20 2006, 02:19 PM)
yap...setuju sama BANGJO...eh..salah...bang Bro..



BANGJO = lampu pengatur lalu lintas yang ada di pertigaan atau perempatan...
(asal kata dari aBANG iJO = lampu merah .red)
Kata ini sangat terkenal dikalangan masyarakat Jogja...

Sedikit pengetahuan buat teman2... :D

Mbak Uno kalo saya ke Jogya mesti mampir beli mpek-mpek palembang di belakang toko Ramai Marlioboro uenak tenan.

:D


uno - November 21, 2006 01:06 PM (GMT)
wah bener banget mas Dino...
Emang dibelakang Ramai Mall tempatnya empek2 palembang..
biasanya saya makan di pempek Ny. KAMTO...
uenak cak...sayang menguras kantong mahasiswa...lha sepotonge 7500, 3 potong dah 25 ribu sama minumnya...klo tiap hari bisa puasa 2 minggu...

Enak aja dibilang bakol Gudeg(bakul angkringan tau :P )...paling gak suka saya makan gudeg...wong nasi kok dijadiin kolak... :P

milaOnRamus - November 21, 2006 01:56 PM (GMT)
Nek aku seh kabeh sing teko yogja enak..
pokoke gratis..... :D :D

uno - November 21, 2006 02:26 PM (GMT)
sumpah bang Mil...
nagiku itu GUDEG kurang siiippp...
lebih pantes kalo disebut KOLAK NASI pake AYAM...
Ane lebih suka masakan PADANG... :wub:

Jangan ngomong gratisan donk sama mahasiswa2 jogja...semangatnya gak ketulungan klo denger kata GRATISAN...he...(penggemar gratisan juga soalnya..)

bro_mantyothe1 - November 22, 2006 01:16 AM (GMT)
QUOTE (uno @ Nov 21 2006, 09:26 PM)
sumpah bang Mil...
nagiku itu GUDEG kurang siiippp...
lebih pantes kalo disebut KOLAK NASI pake AYAM...
Ane lebih suka masakan PADANG... :wub:

Jangan ngomong gratisan donk sama mahasiswa2 jogja...semangatnya gak ketulungan klo denger kata GRATISAN...he...(penggemar gratisan juga soalnya..)

:P :P :P OOO gitu ya uni Uno , emang iya sihhhh, masakan jogya or jawa tengah umumnya cenderung manis, tahu bacem or tempe bacem bisa saja dibilang manisan tahu tempe,..... :D

Tapi klo seneng masakan padang sih itu pisau bermata dua bagi para mahasisiwa :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: he he he he he emang ngirittttt, lauknya atu, kuahnya ituuuuuuuuu sembarang kalir disendokiiiii kuabeh,.... kek kek ke kek :lol: :lol: :lol:

Tapi ngomong ngomong kemana wak Latief kok nggak nyaut ato lagi kopi paste posting di thread laen,...................or setuju dengan postingan kita kita ??????

Mas Dino dimana temen dikau tuuuuu ;)

Salamun salamun.

Dino - November 22, 2006 01:53 AM (GMT)
wak Latief? mbuh gar ruh mutung arek-'e cak!

ngomong-ngomong makanan yang enak pokok'e sing jenenge panganan merk RATU mesti akeh enak'e :D

RATU alias 'RA TUKU.

:D


uno - November 22, 2006 07:00 AM (GMT)
setuju mas Dino :D :rolleyes:




* Hosted for free by zIFBoards